Not a Note Catatan Pribadi

Menulis Solusi - Bagian I

Proses pemecahanan masalah, dibagi menjadi dua langkah besar. Pertama adalah mendapatkan solusi, yang kedua adalah mempresentasikan solusi (dalam hal ini menulis solusi). Sebelum memulai menulis satu hal yang anda harus pahami, bahwa pembaca bukan seorang yang bisa tiba-tiba mengerti apa yang anda pikirkan, melainkan seorang pembaca yang membaca tulisan anda. Jadi, pastikan anda menuliskan apa yang anda pikirkan dan jangan sampai pembaca menerka-nerka apa yang ingin anda sampaikan. Bisa-bisa nilai penuh anda dikurangi hanya gara-gara anda lupa menuliskan sesuatu yang krusial.

Berikut beberapa tips dalam menuliskan solusi.

Tips 1: Pergunakan kalimat matematika yang lengkap. Ini memudahkan pembaca mengerti apa yang hendak anda sampaikan. Usahakan tidak menggunakan kalimat yang terlalu panjang.

Tips 2: Buatlah solusi anda dalam beberapa paragraf. Usahakan setiap paragraf memiliki satu ide besar. Hal ini akan sangat memudahkan pembaca dalam mengikuti alur berpikir anda. Ini akan meminimalkan moderasi yang tidak perlu gara-gara tulisan anda tidak dimengerti.

Tips 3: Jika solusi terlalu rumit, bagilah solusi menjadi beberapa bagian. Penggunaan Lemma akan sangat membantu. Taruh Lemma dan bukti lemma dalam satu paragraf tersendiri.

Tips 4: Pergunakan daftar yang ditandai (bulleted list) untuk menjelaskan langkah-langkah yang anda lakukan tetapi jangan berlebihan. Tuliskan solusi anda bagian per bagian.

Tips 5: Beri jarak antar baris dalam paragraf anda. Jangan menulis dengan baris yang terlalu berdekatan. Ini akan mempermudah pembaca untuk membaca solusi anda. Hal ini juga akan sangat berguna ketika anda terlupa menulis beberapa detail keterangan atau terjadi kesalahan penulisan.

Tips 7: Hindari penggunaan penghapus cair. Cukup coret bagian salah anda dengan dua garis horisontal sehingga tulisan anda tetap terbaca. Argumen yang anda coret ini mungkin membantu dalam tulisan anda selanjutnya. Atau bahkan siapa tahu tulisan yang anda anggap salah ini malah benar. Anda mungkin mendapat kredit dari sini.

Tips 8: Hanya gunakan satu halaman dari tiap lembar kertas. Menulis pada kertas dengan bolakbalik akan menyulitkan pembaca.

Tips 9: Usahakan menulis solusi runtut ke bawah, tidak kesamping. Format penulisan seperti pada koran akan membingungkan pembaca. Apalagi tidak disertai keterangan bagian mana yang perlu dibaca terlebih dahulu. Langkah kerja anda menjadi agak susah dipahami. Ingat, anda sedang menulis solusi. Bukan menulis kolom opini koran atau menulis manga.

Tips 10: Baca ulang pekerjaan anda. Kalau dirasa perlu, tulis ulang solusi (tentunya jika anda masih memiliki waktu).

comments powered by Disqus